Skip to main content

Ada Ine Sinthya Sampai Cici Paramida, 8 Potret Penyanyi Dangdut 90-an yang Kini Usianya Setengah Abad - Idola Sepanjang Zaman


Para pedangdut wanita berikut ini sempat menjadi idola masyarakat di era 90-an. Meski hampir tiga dekade berlalu, sejumlah karya-karya emas mereka masih abadi dan mendapat tempat tersendiri di hati para penikmat dangdut Tanah Air.

Nama beken seperti Ine Sinthya hingga Cici Paramida memang jarang tampil di televisi, namun para pedangdut dari generasi tersebut banyak disebut punya pesona awet meski kini telah memasuki usia kepala lima. Siapa saja sih mereka? 


Ine Sinthya lahir pada 15 Agustus 1971, atau sudah berusia 51 tahun saat artikel ini dirilis. Ine yang baru saja dikaruniai cucu pertamanya ini disebut begitu awet muda. Tembang Ine yang memorable adalah 'Di Simpang Jalan', 'Prasangka', hingga 'Lima Menit Lagi'. Lagu tersebut masuk ke dalam tembang hits 90-an.


Iis Dahlia lahir pada 29 Mei 1972. Saat berita ini dirilis, ibu dari Devano Danendra ini akan berulang tahun yang ke-51. Meski kerap tuai kontroversi, Iis Dahlia tetaplah salah satu pedangdut senior dengan tembang hits 'Payung Hitam' dan 'Bagai Ranting yang Kering'.


Pelantun lagu 'Aku Rindu Padamu' ini lahir pada 23 Juni 1969. Artinya, tahun ini Evie Tamala akan berulang tahun yang ke 54 tahun. Lagu-lagu Evie Tamala seperti 'Nyanyian Rindu' dan 'Permata Hati' masih terus dibawakan kembali atau dicover oleh sejumlah pedangdut muda Tanah Air. 


Kitti Nurbaiti adalah salah satu personel 'girl band' dangdut Manis Manja Group bersama Ine Sinthya. Memasuki usia 53 tahun, istri dari pedangdut Dayu AG ini disebut cantik awet muda. 


Yulia Citra telah berusia 51 tahun pada 2023 ini. Sama seperti Ine Sinthya dan Kitti Nurbaiti, Yulia Citra tergabung dalam Manis Manja Group. Selain itu, Yulia juga telah merilis beberapa album solo dangdut. 


Pelantun 'Wulan Merindu' ini akan genap berusia 50 tahun pada tahun 2023 ini. Cici Paramida yang berstatus janda selama belasan tahun ini masih eksis di belantika dangdut Tanah Air dengan mengisi sejumlah acara off-air. Paras cantik & awet muda Cici juga tak luput dari sorotan netizen.


Cucu Cahyati akan berulang tahun ke-53 pada tahun ini. Hingga kini, Cucu Cahyati masih mengisi sejumlah acara off air di daerah. Selain 'Mabuk Judi', sejumlah lagu hits sang pedangdut ini di antaranya adalah 'Penonton' dan 'Ditelan Sedikit'.


Nana Mardiana dikenal sebagai pedangdut yang juga merupakan rekan duet sekaligus istri dari Almarhum Imam S Arifin, salah satu legenda dangdut Tanah Air. Nana Mardiana kini menjadi politisi lewat salah satu partai politik besar. 

Sumber : kapanlagi.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar