Skip to main content

10 Potret Ruwatan Dua Anak Laki-Laki Soimah, Junjung Tinggi Tradisi Jawa - Ritual yang Sarat Makna


Sebagai seniman daerah, Soimah dikenal sebagai sosok yang menjunjung tinggi adat dan kebudayaan daerah asalnya. Terbaru, pesinden dan pedangdut ini melaksanakan ritual ruwatan, tradisi Jawa yang dilakukan sebagai simbol untuk membebaskan seseorang dari potensi mara bahaya yang dapat terjadi.

Soimah bersama sang suami melakukan ritual atau tradisi ruwatan kepada kedua anak laki-lakinya, Aksa dan Diksa. Yuk kita simak potret berikut penjelasan soal ruwatan pada berita foto ini.


Ritual Ruwatan dilakukan di Pendopo Tulungo yang berlokasi di Yogyakarta. Pendopo luas yang dibangun dengan ornamen khas Jawa ini dimiliki oleh Soimah sendiri. 


Hingga saat ini, ritual Ruwatan masih dipercaya dan dilakukan secara turun temurun oleh sebagain masyarakat. Soimah termasuk ke dalam golongan yang menjalankan tradisi tersebut. 


Ruwatan juga dapat diartikan sebagai bentuk ritual untuk meminta kepada Tuhan agar orang yang diruwat lepas dari potensi petaka dan memperoleh keselamatan.


Sebelum acara dimulai, dua anak laki-laki Soimah melakukan prosesi sungkeman. Mereka meminta maaf dengan tulus kepada kedua orangtuanya dengan tujuan menghapus dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. 


Memiliki dua anak laki-laki, dalam tradisi Jawa keluarga Soimah termasuk ke dalam 'uger-uger lawang'. Anak 'uger-uger lawang' memiliki posisi khusus dalam keluarga Jawa.


Setelah itu, keluarga Soimah melakukan prosesi siraman dalam Ruwatan. Siraman mengandung makna filosofis yakni pembersihan manusia yang diruwat. Bunga mawar, melati, dan kenanga menjadi campuran dalam air yang digunakan siraman. 


Keluarga yang memiliki dua anak laki-laki disarankan untuk melakukan upacara tradisional ruwatan. Umumnya, acara dilaksanakan sehari penuh dengan menyiapkan sejumlah perlengkapan guna menyempurnakan ritual ini. 


Di kolom komentar, banyak netizen memeberi apresiasi kepada keluarga Soimah yang meski sudah tenar di Ibu Kota ia tetap menjunjung tinggi budaya Jawa. 


Netizen juga turut mendoakan agar dua anak Soimah saling rukun, jadi generasi penerus yang berbakti kepada orang tua, serta bermanfaat untuk sekitar. 


Aksa sang putra sulung kini telah berusia 20 tahun. Aksa sempat menjajal dunia hiburan dengan menjadi model video klip Ndarboy Genk beberapa waktu lalu. Sedangkan Diksa sang adik kini tengah bersekolah di bangku SMA. 

Sumber : kapanlagi.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar