Skip to main content

Awalnya salah step, hasil akhir pengantin dirias MUA jadi pengantin Jawa ini malah bikin takjub


Awalnya banyak yang bingung dengan konsep makeup pengantin ini. Namun setelah usai di rias, hasilnya bikin kagum.

Setiap tampilan pengantin tradisional pasti memiliki tampilan berbeda dengan ciri khas masing-masing. Misalnya makeup pengantin Jawa biasanya memiliki paes yang digambar pada wajah. Gambar paes pada dahi disebut cengkorongan. Paes yang paling terkenal dan banyak dipakai adalah dari Yogyakarta dan Solo. Paes biasanya menggunakan pidih hitam, kecuali paes basahan Solo dengan warna hijau.

Riasan ini bertujuan untuk memperindah tampilan pengantin sekaligus mempertegas keanggunan budaya Jawa. Dengan perpaduan warna dan elemen tradisional, makeup pengantin Jawa menciptakan kesan yang memukau dan memancarkan keanggunan khas wanita Indonesia.

Untuk proses membuat paes ini umumnya dilakukan setelah pengantin dirias sampai selesai. Atau minimal untuk base wajah sudah diaplikasikan dengan baik. Baru kemudian penata rias akan menggambar paes dan ditutup dengan membuat sanggul. Namun hal itu biasanya terjadi jika antara penata rambut dan MUA berada di satu vendor.

Lain cerita jika pengantin memesan dua jasa tersebut secara terpisah. Jika tidak ada koordinasi antara MUA dan Hairdo, bukan tidak mungkin terjadi miss di sini. Hal itu lah yang dialami seorang MUA ketika hendak merias kliennya.


Brilio.net melansir dari akun TikTok @piasoniaaa, seorang wanita tampak mengenakan sanggul dan paes di keningnya. Anehnya, wanita tersebut belum dirias sama sekali, namun sudah menggunakan paes.

"Kaget pas dateng udah paes padahal belum di make up," ujar sang MUA.

Karena tidak mungkin untuk dihapus, alhasil MUA mau tidak mau harus merias pengantin dengan kondisi yang sudah di paes. Kliennya pun sama bingungnya karena paes sudah digambar padahal belum di makeup sama sekali.


Usut punya usut, ternyata klien menyewa jasa makeup dan hairdo secara terpisah. Untuk makeup, klien meminta bantuan dari @piasoniaaa ini. Dalam postingan lain, sang MUA menjelaskan mengapa momen ini bisa terjadi.

"kalo misalkan aku yang booking paesnya, pasti aku bisa langsung koordinasi dengan orang paes. Tapi kan ini aku dibookingnya makeup only. Jadi ya udah aku cuma bisa konfirmasi aja, kayak 'aku makeupnya jam 8 ya, kalo misalkan emang mau disanggul duluan, ya udah gapapa, tapi jangan di paes ya' gitu kakak," ungkap sang MUA.


Tak hanya kesalahan step makeup yang disorot warganet. Tapi juga penampilan dari pengantin yang tidak sesuai pakem. Dalam video paes yang dipakai oleh pengantin adalah paes Solo. Sementara itu aksesori yang dipakai untuk pengantin paes ageng Jogja.

Untuk hal itu, MUA memberikan jawaban bahwa itu adalah request dari klien. Dimana dia ingin ada dua tampilan berbeda dalam acara tersebut. Untuk akad, klien ingin look pengantin Jogja, sementara resepsi menggunakan look pengantin Solo.


Video yang diunggah akun @piasoniaaa ini menuai berbagai macam reaksi dari warganet. Banyak yang bingung karena kesalahan paes dan hairdo yang dipakai. Meski begitu ada juga yang memuji hasil makeup-nya.

"Jadi ini jogja putri atau solo putri sih," tanya Vikaaaa.

"jogja putri tuh paesnya lancip. kalo tumpul gitu paes solo," kata linnnn.

"paesnya solo tp hairdonya jogja.. dosen ku bilang jadi lah klaten," ujar Nvta_de.

"loh kok paesnya kolab jogja solo ini gmna ini tp make up nya bagus, cocok dimantennya," imbuh NaJaeminna0_0.



@piasoniaaa krn miss komunikasi atau kaka paesnya mungkin lupa hihi tapi gapapa berarti aku lagi dikasih challenge , btw aku sama kaka paes nya gak kenapa2 ya baik2 aja hehe lagi sama2 sibuk jadi agak miss komunikasi 🙏🏻😍 #makeupartist #muahits #makeuppengantin #makeup #makeupwisudatangsel #makeupwisudapamulang #mua #makeupreview #makeuphack #hijabpengantin #muapamulang #fyp #fypシ ♬ Not You - Alan Walker & Emma Steinbakken


Sumber : Brilio.net

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar