Skip to main content

3 Film Terbaik Garapan Sutradara Yash Chopra, Ada "Dil To Pagal Hai"


Yash Chopra disebut menjadi legenda dalam industri perfilman di India yang lahir pada 27 September 1932, ia mengawali kariernya sebagai asisten sutradara B.R. Films, yaitu rumah produksi milik kakaknya. Yash Chopra membuat rumah produksi sendiri yang bernama Yash Raj Films atau yang disingkat sebagai YRF pada tahun 1970.

Pada pada 21 Oktober 2012 lalu, ia menghembuskan napas terakhirnya karena penyakit demam berdarah yang dialaminya. Berikut ini adalah 3 film terbaik garapan sutradara Yash Chopra.

1. Deewar (1975)


Dalam film Deewar, Yash Chopra membuat genre drama pada level yang lebih tinggi lagi dengan menjadikan anti-hero sebagai pemeran utamanya. Yash Chopra berhasil menghidupkan naskah yang ditulis oleh Salim Khan dan Javed Akhtar melalui peran apik Amitabh Bachchan dengan gaya pendekatan dan arahan yang berbeda.

Film ini menjadi salah satu film terlaris sepanjang sejarah lantaran ditayangkan selama 100 minggu di bioskop, Deewar dirilis pada tahun 1975. Film ini mengisahkan tentang kakak beradik Vijay (Amitabh Bachchan) dan Ravi (Shashi Kapoor) yang berselisih. 

Vijay menjalani aksi kriminal karena trauma terhadap masa lalunya yang kelam, sedangkan Ravi beralih menjadi seorang polisi. Perseteruan mereka semakin berat saat Ravi diberikan tugas untuk menangkap dan memenjarakan Vijay.

2. Dil To Pagal Hai (1997)


Yash Chopra membuat kembali film romantis yang sangat memorable dengan judul Dil To Pagal Hai pada akhir tahun 90-an, film yang cukup laku di pasaran ini diperankan oleh Akhsay Kumar, Shah Rukh Khan, Karisma Kapoor, dan Madhuri Dixit. Album soundtrack yang dibuat oleh Uttam Singh juga memuncaki tangga lagu radio dan laku hingga ratusan ribu keeping.

Dil To Pagal Hai mengisahkan tentang Rahul (Shah Rukh Khan) yang sedang mencari penari baru bagi pertunjukan terbaru yang dibuatnya. Dengan sahabatnya Nisa (Karisma Kapoor) yang jatuh cinta padanya secara diam-diam, mereka berjumpa dengan Pooja (Madhuri Dixit), sosok yang menjadi pujaan hati Rahul.

3. Veer-Zaara (2004)


Yash Chopra kembali menjadi sutradara dengan membuat Veer-Zaara setelah 7 tahun vakum, film ini menceritakan tentang kisah cinta Veer (Shah Rukh Khan) yang menjadi pilot pada tim penyelamat India dan Zaara (Preity Zinta), seorang gadis yang berasal dari Pakistan. Konflik yang dialami India-Pakistan membuat mereka berdua berpisah selama 22 tahun.

Veer mencoba untuk memperoleh lagi kebebasannya dengan dibantu oleh Saamia Siddiqui (Rani Mukerji). Itulah 3 film terbaik garapan sutradara Yash Chopra, mana yang pernah kamu tonton?

Sumber : Suara.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar