Skip to main content

Tanpa Harus Ke Salon Mobil, Ini Trik Cara Membersihkan Jok Mobil Seperti Baru Lagi


Cara membersihkan jok mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahkan Anda hanya membutuhkan beberapa alat-alat yang sederhana pula.

Banyak orang yang memilih pergi ke salon mobil untuk melakukan beragam perawatan mobilnya. Salah satunya termasuk perawatan pada jok.

Namun, tahukah Anda sebenarnya sebuah trik sederhana bisa dipraktikkan sendiri sehingga tak harus mengeluarkan banyak biaya dan bisa untuk kebutuhan yang lain.

Cara membersihkan jok mobil satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki sifat mandiri. Selain hemat, Anda juga bisa benar-benar memastikan jika jok mobil Anda dalam keadaan bersih pula. Lalu seperti apa langkah yang harus dilakukan?

Berikut adalah cara membersihkan jok mobil agar terlihat seperti baru lagi tanpa harus ke salon seperti berhasil dirangkum dari tayangan Youtube pada saluran Defry Aldy, Kamis (15/9).

Siapkan Beberapa Alat Sederhana

Sebelum memulai cara membersihkan jok mobil Anda harus menyiapkan alat-alatnya terlebih dahul. Alatnya sangat sederhana dan mudah ditemui hampir di setiap rumah.

Pertama siapkan air bersih dalam bak, lalu disusul dengan cairan pencuci piring. Campurkan cairan pencuci piring ke dalam air yang sudah di pisahkan dari bak ke dalam gayung.

Cairan pencuci piring ini memiliki fungsi sebagai detergen, karena dipercaya mampu menyerap kotoran atau minyak yang terserap pada kain.


Berikutnya Anda harus menyiapkan pula alat menyikat seperti sikat gigi bekas dan juga penyikat baju. Jangan lupa untuk menyediakan kanebo untuk digunakan sebagai alat pembersihnya.

Berikut adalah alat yang perlu Anda siapkan:
  1. Bak dan Gayung untuk diisi air
  2. Cairan Pencuci Piring
  3. Sikat gigi dan Sikat Baju
  4. Kanebo
Oleskan Cairan Pencuci Piring

Selanjutnya cara membersihkan jok mobil diawali dengan mengoleskan cairan pencuci piring yang sudah dicampur dengan sedikit air di dalam gayung. Oleskan ke bagian jok yang kotor atau ingin dibersihkan.


Pastikan untuk mengoleskannya secara merata. Untuk diketahui, mulailah mengoleskan cairan pencuci piring ke bagian yang paling luas dari jok.

Jangan lupa untuk mengulangi olesan cairan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sikat dengan Penyikat Baju

Apabila semua bagian yang dirasa kotor sudah diolesi merata, Anda bisa melanjutkan step cara membersihkan jok berikutnya. Cara selanjutnya adalah menyikat bagian yang sudah diolesi cairan pembersih piring tersebut dengan penyikat baju yang sudah disiapkan.

Anda harus menyikatnya dengan lembut dan jangan terlalu kasar. Ini sangat disarankan agar membuat tekstur dari kain jok tetap terjaga dengan baik.


"Perlakukanlah jok ini selembut mungkin, agar teksturnya tidak rusak karena proses penyikatan ini," papar keterangan dalam video.

Usap dengan Kanebo yang Sedikit Basah

Apabila sudah disikat, Anda bisa melanjutkannya dengan mengelap bagian jok tersebut. Pastikan sebelum mengelap, kanebo sudah dibasahi dengan sedikit air.


Hal tersebut dikarenakan akan mampu membuat kotoran membandel yang menempel pada jok mobil terserap dan terangkat di kanebo basah Anda. Sehingga dengan jelas ini membuat jok menjadi bersih kembali.

Anda akan mendapati kondisi jok bersih layaknya seperti jok yang baru dibeli. Lalu tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

Video Tutorial Selengkapnya

Cara membersihkan jok mobil agar terlihat seperti baru lagi dan tanpa harus ke salon mobil ini terekam dalam sebuah video turorial.

Berikut adalah video selengkapnya:

youtube image

Sumber : Merdeka.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar