Skip to main content

Polisi Heroik, Ibu Hamil Mau Melahirkan Naik Becak Didorong Suami Malam-malam, Langsung Ditolongnya


Sebuah aksi heroik dilakukan jajaran polisi Polsek Losarang, Polres Indramayu dengan menolong seorang ibu yang hendak melahirkan.

Kejadian itu,  terjadi pada Jumat (9/4/2021) sekitar pukul 01.00 WIB malam dini hari tadi.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kapolsek Losarang, Kompol Mashudi mengatakan, ibu tersebut sebelumnya ditemui polisi saat melakukan giat Patroli Strong Point Wiralodra.

"Saat berlangsung kegiatan Patroli Strong Point Wiralodra di jalan Yayasan dijumpai seorang warga masyarakat, ibu hamil hendak melahirkan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Ibu yang diketahui bernama Erika Tridayanti (23) warga Desa Puntang, Kecamatan Losarang itu awalnya diantar menggunakan becak menuju puskesmas.

Ia juga ditemani suaminya, Ali Sodikin (26) dan keluarga dengan cara berjalan kaki.

Beruntung, polisi yang sedang melakukan patroli menemui ibu tersebut, ia langsung dievakuasi menggunakan mobil patroli.

"Kita mengevakuasi dan membawa ibu itu naik mobil Sedan Patroli Lanser menuju ke Puskesmas Losarang untuk segera mendapat penanganan," ujar dia.

Masih disampaikan Kompol Mashudi, karena terburu-buru, Erika Tridayanti maupun keluarga yang mengiringi tanpa sadar tidak mengenakan masker.

Mereka baru menyadari hal tersebut di Puskesmas Losarang, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda Kabupaten Indramayu sampai dengan hari ini.

"Namun dengan sigap masker diberikan oleh anggota yang selalu disiapkan di mobil Patroli," ujar dia.

Ibu Hamil Dievakuasi dari Ambulans yang Patah

Seorang ibu hamil sempat dievakuasi darurat dari mobil ambulans di Jalan Garut-Bandung tepatnya di Desa Linggar Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung pada Rabu (12/8/2020).


Kapolsek Rancaekek Kompol Imron Rosyadi menerangkan, peristiwa itu bermula saat anggotanya sedang patroli di sekitar lokasi kejadian.

Kemudian, mendengar suara sirine ambulans namun kendaraannya tidak bergerak.

Saat dicek, ternyata ambulans itu mengalami patah per sehingga tidak bisa bergerak sama sekali.

Sedangkan, ibu hamil yang bernama Iis Wiliyana, warga Kecamatan Cimanggung, ‎terjebak di dalam ambulans.

“Jadi waktu itu, anggota kami sedang melakukan kegiatan imbauan protokol kesehatan, tidak jauh dari lokasi terdengar suara sirine yang cukup lama,” kata Kapolsek saat dihubungi pada Jumat (14/8/2020).

Seketika, kata dia, anggota Polsek Rancaekek memindahkan ibu hamil itu ke mobil patroli Polsek Rancaekek.

"Ibu Iis langsung kami pindahkan ke mobil patroli dan segera dibawa ke RS AMC untuk penanganan medis," ucap dia.

Akhirnya, sang ibu hamil itu bisa melahirkan di RS AMC melalui operasi caesar.

"Ibu maupun bayi tertolong dalam keadaan sehat dan bayi tersebut berjenis kelamin laki – laki dengan berat badan 3,2 Kg", ucap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, rencananya, Ibu Iis hendak dibawa ke Margahayu.

“Sebenarnya tadi sempat bingung, kalau dipaksa dibawa ke margahayu tidak akan maksimal. Untuk itu anggota mengambil langkah untuk membawanya kerumah sakit terdekat yaitu rumah sakit AMC,” jelasnya.

Teguh (40) suami Iis, mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian khususnya Polsek Rancaekek yang sudah membantu dirinya dan istrinya.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak polisi yang sudah membantu saya dan istri dengan cepat, alhamduliah istri dan anak saya selamat dan sehat,” ucap Teguh saat dihubungi via ponselnya. 

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar