Skip to main content

Sentil Orang yang Self-diagnosis Bipolar, Marshanda: Penyakit Mental Bukan Tren


Marshanda menjadi sorotan usai mengunggah video Reels di akun Instagram pribadinya dan menyinggung soal bipolar. 

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan ini penyakit mental bipolar tengah ramai dibicarakan, salah satunya karena kasus Medina Zein yang diduga melakukan penipuan namun tiba-tiba ia menghilang dan disebut-sebut tengah menjalani perawatan karena bipolar. 


Media sosial juga penuh dengan orang-orang yang mendiagnosis dirinya sendiri mengalami penyakit gangguan mental. Hal ini cukup mengganggu Marshanda sebagai salah satu penderita bipolar yang tengah berjuang untuk sembuh. Marshanda menegaskan bahwa bipolar bukanlah sebuah tren. 

"Gue bikin video ini mau kasih tahu bahwa, buat kalian atau adik kalian lalala yang melakukan diagnosa diri sendiri dan merasa, 'Kayaknya gue gaul, deh, kalau gue bilang ke orang-orang, gue punya penyakit bipolar, gue depresi klinis.' Gue kasih tahu, ya, penyakit mental itu bukan tren!" ujar Marshanda dengan nada tegas. 


Bintang sinetron Bidadari ini pun mengingatkan bahwa penyakit mental tidak bisa didiagnosis oleh diri sendiri apalagi hanya dengan bermodalkan membaca dari internet. 

Ibu satu anak ini kemudian menegaskan bahwa diagnosis hanya boleh dilakukan oleh psikiater.

"Dan jangan yakin kalau lo itu bipolar apa pun itu, deh, pokoknya penyakit mental, dengan hanya cari dari Google. Itu bukan cara yang tepat untuk mendiagnosa. Yang mendiagnosa kita adalah psikiater, yang tahu data kita lengkap dari lahir sampai sekarang. Jadi mendiagnosa pun juga ada tanggung jawab besar," bebernya. 


Marshanda pun mengaku sakit hati bila melihat banyaknya orang yang menganggap bipolar sebagai sebuah tren. Sebab, perjuangan para penderita penyakit mental untuk sembuh itu bukanlah hal yang mudah.

"Kita sebagai pasien bertanggung jawab menjelaskan dengan lengkap apa riwayat kita dan gue berjuang selama hidup gue untuk menyembuhkan, menjaga, dan merawat. Jadi, sangat menyakitkan melihat bipolar disorder jadi 'trendy'," pungkasnya.

Unggahan Marshanda ini pun langsung ramai dibanjiri komentar netizen. Banyak yang mendukung Marshanda terutama dari para penderita penyakit mental lainnya. 

Namun, ada juga yang menyeret nama Medina Zein yang diduga hanya berpura-pura alami bipolar buat menutupi kesalahannya. 

"Cocok ni MZ konsultasi sama mbak ini," kata netizen. 

"Kalo yg onoh malah dijadikan tameng agar nutupin kelakuan nya😢," tulis netizen lain. 

"Setuju. pas gue dpt diagnosa bipolar aja sedih bgt, ini org org ko ya malah jd kepengen bgt. aneh," kata netizen. 

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar