Skip to main content

Pesan Mama Rieta: Perempuan Harus Mandiri, Jangan Bergantung!


Tidak sedikit perempuan yang berpikiran ingin menikah agar hidupnya terjamin dari segi ekonomi. Namun, pola pikir tersebut justru salah dan harus dihilangkan dari pikiran seorang perempuan. 

Perempuan harus ingat bahwa menjadi seorang istri bukan berarti kamu sepenuhnya bergantung kepada suami. Seperti yang dikatakan oleh sosok perempuan hebat di Indonesia yakni Mama Rieta Amilia Beta pada kanal YouTube Venna Melinda Channel pada 16 November 2021.

Perempuan yang pernah merasakan menjadi single mom selama 20 tahun itu kerap berpesan kepada kedua anak perempuannya, Nagita Slavina dan Caca Tengker. Ia memberikan sebuah wejangan atau nasihat kepada mereka sejak kecil untuk menjadi perempuan yang mandiri.

Langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai pesan Mama Rieta kepada kedua anaknya dan perempuan lainnya di luar sana. Ikuti terus sampai habis ya! 

1. Jadilah perempuan mandiri dengan keahlian dan kepintaran dalam dirinya


Dalam YouTubenya, Mama Rieta berkata untuk jadilah perempuan yang mandiri. Hal itu yang sudah ia tekankan pada dirinya selama ia hidup. 

“Gigi, Caca, Mama ngga kepengen apa-apa, yang penting kamu sekolah yang bener. Punya suami, nanti punya gajinya gede ya nggak papa, kamu Alhamdulillah. Tapi kalo kamu ada apa-apa, kamu punya keahlian, kamu punya kepintaran kamu bisa kerja,” ujarnya. 

2. Jangan bergantung sama laki-laki untuk bertahan hidup


Selain menjadi mandiri, Mama berpesan untuk jangan bergantung sama laki-laki. Selama bertahan hidup, ia tidak pernah bergantung sama laki-laki dan merintis semua usahanya dari bawah. 

“Kita jangan tergantung sama laki-laki. Mau itu suami kaya atau keluarganya kaya, kalau ada apa-apa, kita juga tetep sendiri jadi belum tentu,” ujarnya. 

Dari perkataan tersebut, bukan berarti Mama tidak boleh meminta kepada sang suami. Namun, ada baiknya jika seorang perempuan juga tetap saling menghargai dan turut membantu pasangannya terutama dari sisi ekonomi.

3. Perempuan perlu memiliki pegangan yang cukup bagi diri sendiri


Dengan tegas, Mama Rieta mengatakan bahwa perempuan harus memiliki pegangan yang cukup untuk diri sendiri. Dengan pola pikir tersebut, otomatis perempuan juga cukup terbilang mandiri. 

“Ketika Papanya meninggalkan kita, aku tu awalnya nggak boleh kerja dan nggak boleh ngapa-ngapain seperti burung dalam sangkar. Begitu sudah pisah, kebetulan mertua aku baik dan tidak ingin mendengar kata cerai,” ujarnya.

Dari perpisahan itu, Mama Rieta mulai bekerja sebagai Manager di sekitar tahun 1998-1999. Selama ia merintis, ia harus mengurus sang anak. Tentunya, semua itu membutuhkan uang yang harus ia kumpulkan secara mandiri sebagai single mom.

4. Perempuan harus mandiri sekaligus punya harga diri agar tidak dilecehkan


Pesan Mama Rieta selanjutnya yaitu perempuan harus bisa mandiri sekaligus harga diri. Dimana harga diri perempuan sangat penting untuk mempertahankan hidupnya. 

“Jadi, perempuan harus mandiri sekaligus punya harga diri agar tidak dilecehkan oleh orang-orang di sekitarnya,” ujarnya. 

Ia menambahkan, tidak perlu mendengarkan orang lain dari kiri dan kanan yang negatif dan menjatuhkan. Perempuan harus bisa memilih tinggal di lingkungan yang positif untuk kelangsungan hidupnya. 

Nah, itu dia rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai pesan Mama Rieta kepada kedua anaknya dan perempuan lainnya di luar sana. Catat pesan dari Mama Rieta tersebut agar dapat bertahan diri menjadi perempuan yang mandiri ya!

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar