Skip to main content

Heboh cobek batu dibakar keluar belatung, chef ini beri penjelasan


Beberapa waktu lalu seorang warganet melakukan eksperimen, dia membakar cobek yang biasa buat ngulek dan ternyata mengeluarkan belatung.

Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan eksperimen sebuah cobek batu yang sering dipakai untuk mengulek ternyata dapat mengeluarkan belatung saat dibakar. Video eksperimen itu diunggah akun TikTok @krasivaya116.

Dalam video tersebut si pemilik akun memperlihatkan cobek dapur yang biasa digunakan untuk mengulek bumbu masakan, diletakkan di atas tungku kompor dengan diberi sedikit air dan kemudian dibakar. Tanpa diduga, tiba-tiba muncul hewan kecil menyerupai belatung dari cobek tersebut.

"Hai Guys, karena gue penasaran apa iya sih batu kalau dipanasin keluar belatung, ternyata bener dong. Ini udah gue panasin dan gue kaget banget. Keliatan gak? Itu, gerak-gerak. Beneran banget dong guys, banyak banget. Dia keluar dari pori-porinya tuh. Buat kalian yang mau nyoba hati-hati batunya meledak. Ini panas," ujarnya.


Video yang diunggah pada Selasa (21/6) tersebut hingga kini telah disaksikan 12 juta kali, disukai 600 ribu pengguna dan mendapat 16,7 ribu komentar. Banyak warganet yang bertanya-tanya, bagaimana bisa belatung keluar dari celah-celah batu ulek tersebut.

Hal ini turut menarik perhatian Chef Nausa. Melalui video TikToknya @chefnausa, menjelaskan tentang cobek batu yang ada belatungnya setelah dibakar. Berhubung dia tidak pernah melihat langsung belatungnya seperti apa, Chef Nausa memakai asumsi agar mudah dipahami. Dia mengatakan bahwa belatung tidak mungkin berada di dalam cobek batu jika tidak ada penyebab yang mengundangnya masuk.

"Kita pakai asumsi belatung itu tidak mungkin muncul dari suatu tempat tanpa adanya penyebab. Penyebab belatung bisa bersumber dari telur lalat," tuturnya dikutip brilio.net pada Kamis (23/6).


Menurutnya, lalat biasa hinggap di satu tempat yang sifatnya kotor. Sementara itu, cobek berbahan batu umumnya memiliki permukaan yang bergelombang atau tidak rata.

Belatung itu muncul karena cobek masih menyisakan kotoran bekas ulekan dan belum sepenuhnya bersih saat dicuci sehingga dihinggapi lalat dan bertelur di cobek batu yang permukaannya berongga-rongga.

"Biasanya cobek itu kan permukaannya gak rata ya, jadi dia bergelombang atau kasar hingga dalam proses pembersihannya itu terkadang kita suka nggak bersih. Jadi masih ada kadang-kadang sisa-sisa cabe yang masih nempel atau sisa-sisa terasi gitu yang masih nempel," jelas Chef Nausa.

"Nah, itu akan mendatangkan atau menarik lalat gitu guys, lalatnya itu hinggap dan bertelur di situ. Jadi karena tekstur si cobeknya itu berongga-rongga sehingga telur lalat itu masuk ke dalam rongga-rongganya," lanjutnya.

Chef Nausa juga menjelaskan sebenarnya kasus serupa tidak hanya terjadi di cobek. Dia memberikan contoh seperti bahan makanan yang busuk dan tidak fresh pun bisa dihinggapi lalat yang kemudian memunculkan fenomena belatung.

"Sebenarnya ini nggak cuma terjadi di cobek ya dan kalo punya daging yang sudah busuk atau ayam yang sudah gak fresh mungkin saja itu udah hinggapi lalat atau belatungnya gitu," katanya.

Sehingga Chef Nausa pun mengimbau agar kita harus lebih mengecek lagi cobek yang digunakan. Jika masih ada sisa-sisa yang menempel sebaiknya disikat sampai benar-benar bersih.

"Sebaiknya sebelum digunakan itu benar-benar dicek banget dan dibersihkan ulang," terangnya.

Selain mengeluarkan belatung dengan cara dibakar, Chef Nausa juga membagikan cara lain yaitu dengan merendam cobek batu.

"Cara mau ngetes selain dibakar juga bisa direndam air. Biasanya belatungnya keluar, kalau habis pakai cobek dan masih ada sisa warna-warna cabe itu sebaiknya disikat aja," pungkasnya.

Video Chef Nausa terkait penjelasan kenapa sampai ada belatung dalam cobek batu ini mengundang berbagai komentar netizen. Banyak dari mereka yang berbagi pengalaman saat membuktikan eksperimen tersebut. Tak sedikit pula yang mengucapkan terima kasih atas informasi yang dibagikan.

"AQ dah coba k, Alhamdulillah gak ada blatungx..yg penting harus sllu bersihkan klo dah dipakai," kata @HUMAN_1

"Alhamdulillah saya sudah nyoba dan tidak ada sama sekali uletnya," ujar @Anni Wen

"mangkanya sy klo habis pakai cobek cuci bersih lalu di balikan dalamnya di panaskan di kompor sampai benar2 kering, jd benar2 steril cobeknya," sahut @lennychandrawati4

"Naah ini penjelasan yg Paling masuk akal. Sy klo naro cobek ditengkurepin, nyuci nya disikat, makasih ya Chef info nya," tulis @callmerina1

"untung ntn chef Nausa, jdi ngga meragukan lagi, udh tenang gara² ntn video cobek keluar blatung," timpal @Najma



(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar