Skip to main content

Ayu Ting Ting Dituding Plagiat, Tasyi Athasyia: Seenggaknya Basa-basi Izin Dulu


Kabar Ayu Ting Ting dituding plagiat kembali mencuat ke publik.

Kali ini ia dituduh menjiplak konten YouTube Tasyi Athasyia, saudara kembar beauty vlogger Tasya Farasya.

Tuduhan itu bermula usai Ayu Ting Ting membuat sebuah konten terbaru yang mengulas makanan.

"Guys gue nggak tahu ya ini ide dari tim kreatif Qiss You TV. Ini jadi di depan gue udah ada minuman-minuman boba.

"Kali ini katanya gue disuruh pilih tiga minuman dulu yang menurut gue kelihatannya oke.

"Nanti gue rasain, gue cobain, nanti gue urutin mana yang menurut gue, gue gak suka. Tapi gue nggak tahu ini brand mana aja. Gue nggak tahu sama sekali ya?" kata Ayu Ting Ting di YouTube Qiss You TV (29/6/2021).

Sayangnya, konten tersebut alih-alih mendapatkan pujian justru berujung Ayu Ting Ting dituding plagiat oleh warganet.


Pasalnya, konsep penilaian serta tampilan thumbnail video yang dibuat timnya serupa dengan konten milik Tasyi Athasyia.

Hal yang sama juga terjadi di dalam konten Review Yuk lainnya, yang membahas tentang burger.

Padahal sebelumnya di dalam YouTube, Ayu Ting Ting berharap agar netizen tidak mencari-cari kesalahan dirinya lewat konten YouTube pribadinya tersebut.

"Tapi ingat ya, ini netizen jangan pada jadi provokator. Giliran yang lain boleh bikin video gini, giliran gue, lu cari-cari kesalahan gue. Jangan ya," kata Ayu Ting Ting.

Rupanya, banyak netizen yang melaporkan dugaan Ayu Ting Ting dituding plagiat itu ke Tasyi Athasyia.

Laporan yang masuk pun memenuhi pesan pribadi Instagramnya, hingga akhirnya Tasyi Athasyia beri tanggapan.

Saudara kembar Tasya Farasya itu menanggapi dengan santai perihal kabar tak sedap tersebut.

"Hehee isi dm hari ini gini semua biarkan guys namanya juga dia berusaha berkarya," tulis Tasyi Athasyia di Instagram Story, Sabtu (3/7/2021).

Meski begitu dirinya mengatakan walaupun bebas berkarya, sebenarnya ada aturan dalam meniru sebuah konten milik orang lain.

"Cuma ya itu bedanya INDO sama luar. Kalo creator luar kalo emang kontennya mau ngikutin persis 100% itu disebutin original creatornya, atau seenggaknya basa-basi izin dulu. Yah kalo indo mah sudah biasa begituu," tambahnya.

Namun di unggahan yang lain, Tasyi menjelaskan bahwa kabar Ayu Ting Ting dituding plagiat kontennya tersebut belum tentu benar.

Pasalnya, bisa saja tim Ayu Ting Ting tak tahu mengenai dirinya atau menonton konten milik Tasyi dan idenya hanya kebetulan memiliki kesamaan.

"Tapi sebelumnya kalian juga harus sadar, nggak semua orang kalau bikin konten sama tuh emang ngikutin orang.

"Kadang ya mungkin idenya aja sama, belum tentu juga sih yang buat konten itu tahu aku siapa atau nonton konten aku.

"Siapa tahu kayak 'Eh sama nih'," jelasnya.

Tasyi juga menambahkan jika memang konten sang biduan terinspirasi olehnya, ada baiknya memberitahu dirinya terlebih dahulu.

"Tapi ya kalau kita sebenarnya ngikutin orang, nggak ada masalah sebenarnya kita ngasih tahu original creatornya siapa gitu, nggak usah takut.

Saking santainya Tasyi menanggapi permasalahan tersebut, ia bahkan kini tak ambil pusing jika ada orang lain yang meniru ide kreatifnya.

Justru, vlogger kuliner itu akan mendukung orang tersebut.

"Paling tambahan aku hari ini, kalau kalian merasa pengin banget ngikutin konten aku 100%, aku malah mau ngedukung. Silakan banget.

"Malah aku seneng kalau konten aku diikutin dan bisa bermanfaat bagi orang lain ya? Jadi jangan takut-takut guys, dibikin asyik aja. Hidup ini udah ribet, jangan lu ribet-ribetin ya?

"Pokoknya mau ikutin, kalian merasa mau bikin YouTube, mau pakai resep aku pun silakan oke? Biar hidup kita itu bisa saling bermanfaat satu sama lain," kata Tasyi Athasyia, Selasa (6/7/2021) di Instagram Story.

Hingga kini, Ayu Ting Ting sendiri belum membuat klarifikasi terkait dengan kabar Ayu Ting Ting dituding plagiat konten milik YouTuber, Tasyi Athasyia.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar